TRik - Tebak Lirik ( Lagu Daerah )


TRik - Tebak Lirik ( Lagu Daerah )

Karya Oleh Siti Aisyah Putri 


Di Indonesia, setiap daerah memiliki lagu daerahnya masing-masing. Mulai dari Aceh hingga Papua. Ada begitu banyak lagu daerah yang dimiliki Indonesia. Namun masyarakat Indonesia sekarang, terutama anak-anak, sudah sangat jarang menyanyikan lagu daerahnya, bahkan ada yang tidak mengetahui lagu-lagu daerah di Indonesia. Kurangnya minat anak-anak terhadap lagu daerah dan kurangnya inisiatif orang tua dalam mengajarkan/memperkenalkan budaya daerah khususnya lagu daerah kepada anak-anak, membuat generasi penerus yang tidak mengerti budaya daerahnya sendiri. Padahal kita harus tetap melestarikan budaya yang wariskan oleh nenek moyang kita.

Kemajuan teknologi juga dapat menjadi akibat dari ketidaktahuan anak-anak tentang lagu daerah. Menggunakan gadget untuk bermain sebuah game memang menyenangkan, tapi alangkah baiknya jika game tersebut dapat menunjang pengetahuan anak tentang budaya negaranya sendiri. Menanggapi masalah tersebut, saya ingin meningkatkan minat anak-anak terhadap lagu daerah dengan cara yang lebih modern dan menyenangkan, yaitu melalui sebuah game interaktif bernama TRIK: Tebak Lirik (Lagu Daerah).

TRIK: Tebak Lirik (Lagu Daerah) merupakan sebuah game interaktif yang muncul guna memecahkan permasalahan dimana anak-anak Indonesia sekarang tidak banyak hapal atau mengetahui lagu-lagu daerah yang ada di Indonesia. Game ini merupakan aplikasi mobile yang akan membantu pengguna khususnya anak-anak dengan rentang usia 9-12 tahun, yang biasanya usia Sekolah Dasar kelas 3-6 ini sudah mulai diajarkan tentang budaya daerah di sekolahnya.

0 komentar: