DIO dan MAKUN


DIO dan MAKUN

Karya oleh Nugraha Brata 

ADA APA NIH?

Di zaman modern ini sudah banyak sekali perubahan yang terjadi dan perubahan itu hampir di semua bidang. Salah satu penyebab perubahan itu adalah Globalisasi.

Cara hidup manusia yang selalu berubah-ubah mengikuti sebuah TREN atau hal-hal yang baru dan diminati selalu manjadi acuan. Hal ini seolah-olah menjadi sangat mudah untuk meninggalkan sesuatu yang lama dengan yang baru. Lalu, bagaimana dengan kebudayaan?


Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai kebudayaan sudah sepatutnya dibanggakan. Kebudayaannya yang beragam dan tersebar dari Sabang sampai Merauke. Namun dengan adanya perubahan akibat adanya globalisasi, membuat kesadaran kebudayaan terus memudar. Globalisasi memang dapat memberikan dampak positif namun dampak negatif juga patut diperhatikan, perubahan-perubahan tersebut seperti timbulnya individu yang akan selalu sama dengan individu lainnya karena mengikuti arus globalisasi. Hal ini dapat kita lihat pada kehidupan remaja yang cenderung lebih menyukai kebudayaan barat.


Lalu bagaimana cara untuk generasi muda supaya dapat mengetahui jika Indonesia itu memiliki keanekaragam Budaya yang sangat melimpah?

Dari permasalahan tersebut diperlukan kontribusi untuk mencari solusi dari sudut pandand Desain Komunikasi Visual dan saya memilih untuk memakai pendekatan dengan menggunakan media komik.



KENAPA DIPILIH KOMIK?

Kenapa Komik? Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Didalam komik selain memberikan penggambaran visual dari subjek yang diangkat juga adanya adanya unsur yang dapat digunakan sebagai penyampaian pesan yaitu unsur dialog yang ada dalam komik.



SIAPA SIH YANG TIDAK TAHU KOMIK?

Komik sudah pasti dikenal oleh sebagian besar orang atau mungkin setiap orang tahu. Apalagi anak muda sudah pasti akrab dengan komik. Nah, dari hal tersebut komik dinilai dapat menjadi sarana yang bisa digunakan sebagai cara penyampaian pesan terhadap target yaitu Remaja.



KONSEP KOMIK

Komik ini akan memiliki dua bentuk komik. Komik bentuk pertama adalah komik seperti pada umumnya yang didalamnya menyajikan cerita tentang komik ini yang nantinya akan mendukung komik bentuk kedua.

Komik bentuk kedua adalah komik strip, Komik strip dipilih karena sederhana sehingga mudah dipahami. Di komik strip ini yang nantinya sebagai bentuk utama yang menyajikan cerita-cerita dari tokoh utama yang mengambil subjek tema dari kebudayaan di setiap daerah yang ada di Indonesia.



SINOPSIS

Dio, remaja polos yang tidak peduli dengan sekitar dan sangat menggemari gadget, tiba-tiba dikejutkan oleh kemunculan robot burung dari masa depan berwarna kuning di kamarnya yang bernama Makun. Kedatangan Makun bukan tanpa alasan, namun dia membawa misi khusus yang harus diselesaikan bersama Dio. Misi itu adalah menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia karena di masa Makun dibuat yaitu di tahun 2106, keadaan dunia sudah sangat berubah. Masyarakat Indonesia sudah tidak mempunyai identitas budaya, mereka sudah melupakan apa yang seharusnya dijaga, dan Dio adalah sosok yang membawa perubahan besar itu.


Lalu bagaimana dengan perjalanan mereka untuk merubah takdir?

Dengan kemampuan Makun yang dapat teleportasi ke berbagai tempat akan membuat Dio akan tahu seberapa kaya dan cantiknya budaya bangsanya..

0 komentar: