Daha Cendekia - Branding



Daha Cendekia - Branding

Karya oleh Muhamad Ruly Rilyanto
ig rulyrilyant


Daha Cendekia adalah yayasan yang pengurus hariannya berasal dari mahasiswa Kediri yang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi di indonesia maupun di luar negeri. Anggota dari Daha Cendekia itu sendiri adalah mahasiswa Kediri baik yang berasal dari Kabupaten Kediri maupun Kota Kediri atau yang sedang menempuh pendidikan tinggi di Kediri. Selain itu, Daha Cendikia juga dapat menjadi wadah berkumpulnya komunitas atau ikatan mahasiswa kediri sekaligus tempat berintregasi para anak muda.

Tujuan dibentuk Daha Cendekia adalah untuk menyatukan komunitas dan ikatan mahasiswa kediri yang ada di indonesia dan di luar negeri, baik dari mahasiswa dengan mahasiswa, ikatan mahasiswa dengan ikatan mahasiswa, dan mahasiswa dengan ikatan mahasiswa kediri. Melibatkan mahasiswa dalam usaha pengembangan wilayah, dan juga merupakan tanggung jawab moral mahasiswa sebagai timbal balik kepada daerah asal. Menyetarakan informasi, ilmu dan pengalaman yang didapat mahasiswa saat menempuh pendidikan tinggi di berbagai kampus untu dibagikan kepada masyarakat.

Dari ringkasan tersebut dan hasil riset terkait masalah serta kemungkinan yang akan dicapai dapat dibentuk strategi branding desain yang sesuai dengan Daha Cendekia. Identitas utama branding desain Daha Cendekia yaitu logo. Bentuk keseluruhan logo mengambil dari bentuk rantai yang menggambarkan bahwa Daha Cendekia berfungsi sebagai wadah penyambung tali persaudaraan antar mahasiswa kediri, baik kabupaten maupun kota yang menjalani studi maupun telah menuntaskan studi di luar maupun di dalam kediri. Dua bentuk persegi berwarna kuning melambangkan identitas makanan khas kediri yaitu tahu kuning. Bentuk persegi melambangkan soliditas, kesetaraan, keakraban dan kestabilan. sifat khas dari tahu kuning yang dikenal sebagai ikon kediri diharapkan dapat menjadi cerminan bagi insan cendekia kediri agar dapat membawa nama kediri menjadi lebih dikenal masyarakat luas. Bentuk logo yang dimiringkan ke kanan memiliki arti agar selalu bergerak maju menatap masa depan demi kediri yang lebih baik. Warna, merah melambangkan insan yang mandiri, aspiratif, dan memiliki semangat juang yang tinggi. Biru melambagkan rasa percaya dari masyarakat kediri terhadap para insan cendekia. Kuning melambangkan kehangatan bagi setiap insan cendekia kediri.

Konsep visual yang diangkat yaitu modern minimalis. Menggunakan elemen-elemen bidang simetris seperti persegi, segitiga, dan trapesium yang dibentuk dan disusun sedemikian rupa hingga dapat mencitrakan visual yang sederhana namun efektif dalam menyampaikan strategi brand Daha Cendekia. Penggunaan warna dominan namun tak terbatas pada kombinasi putih, merah, biru dan kuning diharapkan dapat menegaskan brand image sesuai filosofi warna yang telah disebutkan.

Implementasi strategi banding diterapkan pada desain web, aplikasi mobile, alat tulis, dll. Desain web dan aplikasi menerapkan konsep visual modern minimalis sesuai yang telah disebutkan dan dibuat interaktif agar mudah dimengerti. Desain web dan aplikasi dibuat terintegrasi agar dapat memberikan pengalaman tentang strategi branding yang mendalam kepada target audiens. Penerapan konsep identitas visual pada alat tulis dan perlengkapan lainnya diharapkan dapat meningkatkan perhatian, pengakuan dan persepsi merek bagi target audiens.

0 komentar: