Art of Radyapustaka


Art of Radyapustaka

Karya oleh Mufid Islam


Ide karya ini muncul ketika seringnya saya berkunjung ke museum-museum yang ada di Kota Surakarta, Karena saya sebagai anak muda sendiri sangat kurang dalam pemahaman tentang budaya Indonesia khusunya budaya dari daerahnya sendiri sehingga saya ingin mempelajari lebih lanjut namun di museum-museum yang ada di Surakarta menurut saya kurang dalam sosialisasi serta perbaikan fasilitas yang ada sehingga museum-museum tersebut sangat sepi dan pengunjungnya bisa dihitung dengan jari kebanyakan adalah dari wisatawan dalam maupun luar negeri saja sangat jarang kita temukan ada anak muda yang berkunjung ke museum-museum di Surakarta. 




Museum yang akan saya jadikan sample adalah museum Radya Pustaka,Pada tahap awal ini saya akan membuat catalog tentang museum Radya Pustaka karena ketika saya sering berkunjung kesana dari pihak museum tidak menyediakan catalog sehingga kita di sana hanya melihat-lihat serta membaca penjelasan seadanya yang tertempel pada etalase kaca. Selain catalog ini berfungsi sebagai pemandu dalam pembelajaran saat kita disana catalog ini juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh karena konten yang dibuat dalam catalog ini bukan sekedar foto tetapi manual painting sehingga lebih menarik dan terdapat nilai estetika lebih dalam catalog ini.

Mungkin pada ide karya ini tidak akan berdampak banyak tetapi paling tidak saya sudah peduli untuk masa depan. Pada ide karya ini juga saya berharap tidak berhenti disini saja tetapi akan terus berkembang ke tahap-tahap berikutnya yang lebih kompleks dan besar karena untuk membangkitkan gairah belajar kebudayaan pada generasi muda saya tidak akan bisa melakukanya sendiri. Mungkin nanti kedepanya ada banyak anak muda dengan kreativitasnya yang akan mampu membangun museum yang ada menjadi lebih menarik dan mengedukasi untuk generasi selanjutnya.

Salam Budaya !

0 komentar: