GULI


GULI

Karya oleh
evi nilasari @dareriyu
titis dwi kusuma @headphoner12
maratu hanifa @Nippswg08


Permainan kelereng merupakan salah satu permainan tradisional yang dulu sangat digemari oleh kalangan anak-anak hingga remaja. Namun di zaman modern seperti sekarang, perkembangan teknologi yang meningkat drastis serta keberadaan game software yang lebih diminati membuat eksistensi permainan tradisional mulai menghilang, terutama permainan kelereng yang sudah dianggap tak menarik lagi di mata masyarakat saat ini. Untuk mengenalkan kembali sekaligus membangkitkan kenangan yang hilang akan permainan tersebut, maka tercetus sebuah ide yang disalurkan dalam bidang karya tulis menulis dan ilustrasi menarik.

Karya tulis yang dimaksud adalah sebuah novel yang sedang digemari dari kalangan anak muda. Pemilihan konsep novel ini disebabkan mulai banyaknya minat masyarakat akan industri kreatif dalam bidang penerbitan dan percetakan di Indonesia sebagai hasil antusiasme Light Novel dan Manga dari Jepang serta Western Comic dari Amerika dan Eropa yang sebelumnya lebih dulu terkenal di tanah air.


Konsep 

Menyesuaikan dengan tema pameran ”When Traditional Culture Meet Modern Design”, karya ini akan mengadaptasi bentuk permainan kelereng khas daerah Ketapang, Kalimantan Barat. Dikemas dalam bentuk cerita novel dan ilustrasi masa kini, diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk kembali melihat permainan tradisional ini, namun dengan konsep dan aturan permainan yang di modernisasi.

Karya ini diberi nama “Guli”, penyebutan permainan kelereng di Ketapang yang dipengaruhi kebudayaan melayu. Berceritakan tentang Randa, gadis yang sangat menyukai permainan kelereng. Tapi karena kemampuannya yang di bawah rata-rata dan juga stigma permainan yang tak cocok untuk perempuan membuatnya diremehkan oleh pemain lain. Walaupun begitu, ia tak menyerah begitu saja dengan kecintaannya terhadap permainan itu. Ia nekad mendaftarkan diri mengikuti kompetisi nasional elit “Guli” yang diadakan setahun sekali tersebut. Namun ia tidak pernah menyangka ia dipasangkan dengan seorang pemuda dingin bernama Tian yang ternyata merupakan salah satu pemain jajaran ranking tinggi. Mereka berdua pun berkomitmen untuk menjadi juara sekaligus mengalahkan “Tangan Pengendali”, para pemain rangking 10 besar senasional.



Sinopsis tersebut nantinya akan dikembangkan lagi menjadi sebuah novel dan disisipkan pula beberapa ilustrasi di beberapa bagian penting untuk membantu visualisasi tokoh serta adegan-adegan yang sulit dijelaskan oleh kalimat.

0 komentar: